Bootcamp: Solusi Kamu yang Galau Menunggu Interview

bootcamp adalah

Menunggu panggilan interview kerja adalah hal yang melelahkan. Banyaknya waktu luang adalah alasan kamu rentan untuk merasa bosan. Maka dari itu, bootcamp adalah kegiatan yang bisa kamu lakukan.

Istilah tersebut mungkin masih terdengar asing bagi beberapa kalangan jobseeker, apakah kamu salah satunya?

Jika demikian, Skillana menawarkan informasi melalui artikel ini. Inilah informasi selengkapnya yang harus kamu tahu.

Bootcamp adalah?

Sederhananya ini adalah pelatihan bidang-bidang tertentu. Namun bootcamp adalah salah satu pelatihan yang kekinian.

Materi-materi bootcamp diselenggarakan secara intensif karena memiliki jadwal tertentu dalam menyelenggarakannya. Penjadwalan ini karena pemateri akan memberikan materi yang berbeda pada setiap sesinya.

Bayangkan jika kamu mendapatkan keseluruhan materi dalam satu hari. Hal itu susah untuk menyerap materi yang diberikan karena banyaknya materi yang didapatkan.

Dulu bootcamp adalah sebuah pelatihan bidang-bidang tertentu. Namun saat ini, kamu bisa menemukan banyak bidang-bidang dalam pelatihan bootcamp. Bahkan bidang pendidikan pun juga ada yang menyelenggarakan bootcamp-nya.

Inilah beberapa bidang yang kerap dijadikan bootcamp seperti yang di bawah ini:

Baca juga:

Kami yakin, tidak hanya terbatas hanya dua pekerjaan itu saja. Kamu bisa mencari bootcamp yang sesuai dengan minat kamu.

Jika kamu beruntung, kamu bisa menemukan bootcamp gratis yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Terlepas dari berbayar maupun gratis, bootcamp adalah pelatihan yang bisa kamu coba untuk meningkat skill kamu dalam dunia kerja nantinya.

Apakah kamu semakin tertarik untuk mengetahuinya? Pastikan baca hingga akhir artikel ini ya.

Jenis-jenis Bootcamp

Banyak sekali model-model yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan. Apa sajakah itu?

1. Dilihat Dari Waktunya

Kamu masih bisa menentukan jadwal dan tempat sesuai dengan kondisi yang kamu rasakan.

Pertama yaitu parttime. Seperti pekerjaan, pelatihan ini terselenggara pada waktu-waktu tertentu. Umumnya, waktu yang dipilih adalah akhir pekan dan malam hari. Bootcamp ini menyasar pada peserta-peserta yang memiliki kesibukan lain dan hanya memiliki waktu-waktu tersebut.

Jangan khawatir, materinya tidak berbeda jauh. Namun yang membedakan adalah batasan materi yang diberikan. Hal itu karena pemateri akan menjelaskan materinya dengan waktu se-efisien mungkin.

Berbeda dengan sebelumnya, bootcamp fulltime adalah pelatihan yang dikerjakan layaknya orang sedang bersekolah. Hal itu karena waktu yang lama dalam menjalankan.. Sebenarnya tiap bootcamp memiliki waktu tertentu, namun ummnya aktivitas ini bisa terjadi selama berbulan-bulan lamanya.

Terlihat melelahkan, namun kamu akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak daripada peserta-peserta yang mengikuti bootcamp parttime. Bidang yang kerap menggelar acara dengan durasi selama ini adalah yang masih berkaitan dengan IT karena pelatihannya memerlukan hal yang detail.

2. Dari Model Pembelajaran

Mengutip dari Web Developer Indonesia ada beberapa model yang perlu kamu tahu. Pertama adalah cara offline atau nama lainnya adalah In-Person. Tapi kamu perlu datang ke lokasi yang sudah mereka tentukan untuk memulai pelatihan bootcamp.

Beda halnya jika bootcamp adalah sesuatu yang bisa dilakukan secara hybrid. Dimana saja kamu bisa mengikutinya selama tersambung internet. Hal itulah yang bernama model online.

Masih belum sesuai dengan kondisi kamu saat ini? Mungkin jenis self-paced adalah solusinya. Model ini menjadikan kamu lebih mandiri, karena kamu menetapkan waktu dan tempat penyelenggara.

Keuntungan Mengikuti Bootcamp Adalah

Daripada menunggu, lebih baik menyibukkan diri dengan kegiatan yang bermanfaat seperti mengikuti aktivitas ini. Selain skill, kamu bisa dapatkan keuntungan seperti ini:

Peluang Kerja Jelas

Sudah punya skill yang mumpuni menjadi kamu lebih percaya diri untuk melamar kerja. Tidak perlu menunggu jawaban lamaran-lamaran yang pernah kamu masukkan. Kamu cukup melamar pada tempat-tempat lainnya berbekal skill yang kamu miliki dari kegiatan ini.

Manfaat lainnya pada bootcamp adalah kamu bisa memasukkannya dalam CV. Dengan demikian HRD akan melihat bahwa kamu telah memiliki pengalaman di bidang yang sama.

Dengan ketekunan yang kamu lakukan tersebut, maka karirmu dalam bidang tersebut akan lebih jelas dan banyak perusahaan yang tertarik dengan pengalamanmu. Menarik, kan?

Hemat Waktu dan Biaya

Menambah pengalaman bukan lagi hal yang susah. Dengan bootcamp, kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi yang kamu rasakan. Selain itu, kamu juga bisa memilih beragam jenis interaksi dengan para pemateri. Apalagi adanya internet yang memudahkan kamu dalam berinteraksi.

Meskipun biayanya cenderung relatif, namun kamu masih tetap bisa memanfaatkan pelatihan ini. Bahkan jika beruntung, kamu bisa mendapatkannya dengan biaya yang murah dan ada juga yang gratis.

Murid yang Terbatas

Ini memudahkan kamu untuk lebih fokus menerima tiap-tiap materi. Bahkan jumlah yang sedikit ini bisa meningkatkan interaksi dengan pemateri karena penjelasan akan lebih terarah dan tidak ada gangguaan yang mungkin saja terjadi dari beberapa peserta yang mungkin lepas pengawasan dari panitia penyelenggara.

Atasi Galaumu Dengan Mengikuti Bootcamp

Jangan menunggu, kamu harus tetap berjalan. Itu demi mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan.

Bootcamp adalah satu dari sekian solusi yang bisa kamu coba. Jangan khawatir, kamu bisa cari kegiatan melalui media apa saja. Selain itu, keunntungan-keuntungan akan kamu dapatkan pada kemudian hari.

Dengan mengikuti pelatihan sesuai potensi diri kamu, hasil yang kamu bisa dapatkan juga akan lebih maksimal. Tapi, apakah kamu masih bingung cara memulainya?

Gali potensi dalam diri kamu dengan fitur-fitur Skillana. Selain lebih tau, kamu juga bisa lebih memfokuskan diri dengan bidang-bidang yang sesuai dengan potensi kamu.

Tunggu apalagi? Yuk, klik link ini untuk mencobanya. Semangat!