7 Karakteristik ISTP: Virtuoso, The Mechanic— Si Fleksibel yang Hobi Bongkar Barang

Bagaimana orang lain melihat tipe kepribadian ini?

Photo by Aaron Huber on Unsplash

ISTP (Introverted, Sensing, Thinking, Perceiving) merupakan bagian dari 16 tipe kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Beragam julukan untuk tipe kepribadian ini diantaranya The Mechanic, Virtuoso, The Crafter. Orang dengan kepribadian ISTP cenderung individualis, mengejar tujuan dalam hidupnya tanpa perlu banyak kenalan. Mereka menjalani hari demi hari dengan penuh rasa penasaran dan memiliki personal skill yang mumpuni, menyesuaikan pendekatan sesuai keperluan.

ISTP senang membantu dan berbagi pengalaman, apa lagi ke orang yang dia peduli. Sayang banget orang-orang ini justru gak banyak ditemukan di bumi. Pria ISTP jumlahnya sekitar lima persen dari populasi pria, wanita ISTP lebih langka lagi

Tapi ISTP lebih dari itu. Baca artikel ini sampai selesai kalau kamu mau tau ciri-ciri ISTP.

1. Orangnya logis pake banget

Seorang ISTP cenderung sangat logis dalam berpikir. Mereka hidup secara logis dan rasional, sehingga mereka lebih fokus pada hal-hal yang terlihat bermanfaat dan praktis. Mereka senang belajar dan memahami bagaimana banyak hal bekerja. 

Sifat ISTP yang logis membuat mereka dikenal lebih suka membuat penilaian berdasarkan kriteria objektif daripada keyakinan atau nilai pribadi yang dianut. Mereka gak gampang dipengaruhi pendapat orang lain, dan mereka bakal melakukan yang dirasa terbaik biar bisa menilai sesuatu secara jujur dan objektif.

Cara ISTP mengambil keputusan terlihat sembarangan atau tidak terencana, tapi percaya deh tindakan mereka sebenarnya diambil dengan pertimbangan matang dan hati-hati. 

2. Independen

Satu hal yang perlu dicatat dari ISTP adalah mereka ingin memiliki kebebasan untuk melakukan hal-hal sesuai cara mereka sendiri. ISTP benci atasan yang maksa mereka ngikutin aturan-aturan gak jelas dan gak efisien cuma karena hal itu udah dilakukan dari dulu. 

Ya intinya mereka lebih nyaman kerja dengan aturan mereka sendiri, ngatur sendiri jam kerja dan tempat kerjanya. 

3. Sering dikira robot

ISTP bukan orang yang terkenal atas kemampuan emosionalnya. Mereka kurang baik dalam membaca kondisi emosional orang lain, bahkan sering banget mereka dikira robot saking kurang pekanya. Karena kurang peka ini juga kadang tanpa sengaja mereka melukai perasaan orang lain. 

Kurang peka bukan berarti mereka bukan pendengar yang baik. Mereka suka kok dengerin apa yang orang lain pikirkan, tapi emang mereka lebih sering menyimpan sendiri apa yang mereka rasakan. Seorang emang ISTP jarang banget membagikan apa yang dia rasakan ke orang lain.

Karena alasan-alasan inilah ISTP sering dibilang susah dibaca dan susah diajak temenan. Kalau kamu kebetulan punya temen ISTP dan merasa ini benar, sabar ya, dia gak niat jahat kok. Justru mereka sebenernya temen yang baik

4. Si paling menyelesaikan masalah

Naluri sebagai seorang mekanik membuat mereka terampil dalam menyelesaikan masalah. Gak jarang mereka bakal bongkar alat biar tau gimana cara kerjanya terus dipasang lagi jadi lebih bagus. Mereka kreatif banget dalam urusan-urusan praktis dan mereka suka menggunakan tangannya buat mencoba idenya.

Salah satu sifat paling baik dari ISTP adalah kemampuannya bekerja dengan baik di kondisi darurat. Mereka gak mudah panik dan bisa tetap tenang. Di tangan mereka masalah yang awalnya keliatan besar banget bisa berkurang drastis. Makanya orang-orang gak bakal ragu buat cari ISTP waktu ada masalah krisis.

ISTP bukan orang yang kamu cari kalau baru butuh dukungan moral dan emosional. Tapi mereka pasti orang yang terlintas di kepalamu waktu ada masalah penting dan kamu butuh solusi. 

Yah biasa lah. Susah sedih sama siapa, giliran bahagia cari siapa.

5. Fleksibel

Kombinasi pikiran logis dan semangat yang berapi-api membuat ISTP mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan tanpa susah payah. Mereka adalah individu yang fleksibel dan mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi. Makanya orang dengan kepribadian ISTP jarang banget stres.

Kamu gak perlu khawatir sama kesehatan mental ISTP, mereka baik-baik aja kok. Mereka menjalani hidup dengan santai dan bahagia. Bahkan mereka cenderung suka menenangkan orang dengan pembawaan santai mereka yang menular.

6. Suka hal baru…tapi susah komitmen

Alasan kenapa tipe ISTP kadang disebut the mechanics karena mereka emang suka berkreasi dengan barang, bikin proyek, hingga merakit barang. Seorang ISTP gak pernah ragu buat mengotori tangannya waktu kerja. 

Orang-orang ISTP suka banget sama hal-hal yang baru. Mereka suka eksplorasi hal baru yang belum pernah mereka coba. Tapi harus diakui mereka kurang baik dalam fokus ke satu hal untuk jangka panjang. 

Begitu merasa udah paham, ISTP cenderung suka buat move on ke hal baru lainnya yang lebih menarik. ISTP lebih fokus pada masa kini sehingga sering menghindari komitmen jangka panjang dan lebih suka fokus menikmati waktu yang dimiliki.

Sama halnya dalam hubungan. Di antara banyak tipe kepribadian yang butuh komitmen, mereka bukan salah satunya. Bahkan mereka sering kali kesulitan bertahan dalam sebuah hubungan.

Kalo kata Bruno Mars, ‘“Easy come, easy go, that’s just how you live”

7. Keras kepala

Hal yang mungkin lebih dibenci ISTP dibanding membuka diri ke orang lain yaitu perubahan. Mereka punya punya kebiasaan dan aturannya sendiri buat diikuti, yang mungkin kadang terlihat aneh buat orang lain. 

Semudah apa pun mereka menyesuaikan diri dengan kondisi, mereka bisa aja memilih buat enggak. Mereka bisa melakukan hal sesuai keinginan mereka dengan sedikit rasa bersalah. 

Kamu bisa liat ekspresi kesel mereka kalau ada orang yang coba mengkritik kebiasaan, gaya hidup, atau ide yang dimiliki ISTP. Orang yang coba mengubah ISTP hampir pasti gagal, mereka emang keras kepala banget.

Gimana, apa kamu merasa dirimu atau orang terdekatmu ternyata ISTP? Biar yakin, kamu bisa ikut isi asesmen di Skillana untuk tahu apa jenis MBTI kamu. Ajak juga temen-temenmu biar kalian bisa lebih saling mengenal!